Ketika Tuhan memanggilmu ke Pangkuan Nya datang dan dekaplah dalam hati nuranimu

Kamis, 20 Januari 2011

Biografi Freddy Numberi


Freddy Numberi
Demi Kembalikan Kejayaan Bahari

Karier mantan Gubernur Irian Jaya dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Men-PAN) ini dikira banyak orang akan berujug sebagai Duta Besar RI untuk Italia. Ternyata, bintang Laksamana Madya (Purn) ini masih bercahaya. Kariernya justru menanjak menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Indonesia Bersatu.

Freddy Numberi berjanji selama lima tahun ke depan akan berusaha untuk mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai negara bahari. "Ini telah menjadi komitmen dan tekad saya. Mudah-mudahan dengan bantuan semua pihak, komitmen itu dapat tercapai," ujar Freddy Numberi, yang berjanji memperjuangkan kredit bagi nelayan dalam sambutan serah terima jabatan dari pejabat lama Rokhmin Dahuri di Gedung Departemen Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Kamis (21/10/2004),

Pendidikan dasar hingga menengahnya diraih di propinsi paling timur Indonesia, Irian Jaya. Setelah lulus SMA (1967) di Jayapura, ia lalu masuk Akabri (1968). Pria kelahiran Serui, 15 Oktober 1947, ini kemudian masuk pendidikan khusus AAL di Surabaya (1969) dan lulus Desember 1971.

Suami dari Anna Antoinette ini dipercaya menjadi Komandan KRI Sembilan di kawasan timur Indonesia, Komandan Satuan Tugas Proyek Pengadaan Kapal Parchim, Frosch, dan Kondor (1995 - 1996). Karier puncak di TNI AL yang disandangnya adalah Komandan Pangkalan Utama TNI AL V Irian Jaya - Maluku sebelum dipilih menjadi Gubernur Irja, April 1998.

Fokus Perikanan Budidaya
Freddy Numberi seusai serah terima jabatan, mengatakan akan memfokuskan pembangunan perikanan budidaya serta mengendalikan perikanan tangkap.

Menurutnya, langkah tersebut penting sebab potensi perikanan tangkap terbatas, tetapi yang tergarap sudah mencapai 65 persen. Sebaliknya, perikanan budidaya memiliki potensi yang besar dengan komoditas yang dapat dikembangkan hingga mencapai puluhan jenis, tetapi belum tergarap optimal.

"Banyak negara telah membuktikan keandalan usaha budidaya. Masyarakat pesisir di selatan Italia atau selatan Perancis, misalnya, semula wilayah miskin. Namun, berkat usaha budidaya yang dilakukan secara tekun dan profesional, kesejahteraan mereka cenderung naik," kata Freddy Numberi.

Freddy berjanji akan tetap melanjutkan program pembangunan kelautan dan perikanan. "Saya bukanlah orang yang terbaik. Namun, saya akan berusaha bekerja yang terbaik guna memajukan sektor kelautan dan perikanan, serta meningkatkan kesejahteraan nelayan, pembudidaya, dan masyarakat pesisir," tegasnya. ►tsl

*** TokohIndonesia DotCom (Ensiklopedi Tokoh Indonesia)


► e-ti
Nama:
Laksamana Madya (Purn) Freddy Numberi
Lahir:
Serui (Papua), 15 Oktober 1947
Agama:
Kristen
Isteri:
Anna Antoinette

Pendidikan:
= SMA (1967) di Jayapura
= Akademi Angkatan Laut 1968
= Pendidikan Khusus AAL di Surabaya (1969-1971)

Pekerjaan:
= Komandan KRI Sembilan di kawasan timur Indonesia
= Komandan Satuan Tugas Proyek Pengadaan Kapal Parchim, Frosch, dan Kondor (1995 - 1996)
= Komandan Pangkalan Utama TNI AL V Irian Jaya - Maluku
= Gubernur Irja, April 1998
= Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Kabinet Persatuan 2000-2001
= Duta Besar RI untuk Italia

0 comments:

Followers