Ketika Tuhan memanggilmu ke Pangkuan Nya datang dan dekaplah dalam hati nuranimu

Kamis, 20 Januari 2011

Hj Ratu Atut Chosiyah, SE


Hj Ratu Atut Chosiyah, SE
Ratu Kepemimpinan Perempuan

Dia perempuan pertama menjabat gubernur di Indonesia. Sejarah telah mencatat dan akan terus mencatat kiprah Gubernur (Plt) Provinsi Banten, Hj Ratu Atut Chosiyah, SE, ini sebagai ratu yang menginspirasi perempuan Indonesia menjadi pemimpin dalam arti sesungguhnya, tidak sekadar menyejajarkan diri dengan kaum pria. Dia pemimpin (perempuan) perkasa dari Banten.

Kata ‘Ratu’ yang mengawali nama Gubernur (Plt) Provinsi Banten ini, tampaknya tidak sekadar nama untuk disebutkan, tetapi sekaligus juga menjadi predikat yang mencitrakan kapasitasnya sebagai kepala pemerintahan di daerah hasil pemekaran Provinsi Jawa Barat itu. Perempuan kelahiran 16 Mei 1962 ini, tidak hanya menjadi ‘Ratu’ di jalur penghubung perdagangan Sumatera-Jawa itu, tetapi juga menjadi 'ratu’ yang memelopori kepemimpinan kaum perempuan sebagai gubernur di Indonesia.

Bagaimana tidak, dari sedikit perempuan Indonesia yang berhasil menduduki jabatan strategis dalam pemerintahan Indonesia dewasa ini dan di masa lalu, Ratu Atut Chosiyah menjadi satu-satunya perempuan di Indonesia yang pernah menduduki jabatan gubernur. Sebuah prestasi yang pantas diapresiasi. Dan yang tidak kalah pentingnya diapresiasi, putri pendekar banten ini ditakdirkan menjadi seorang ratu sekaligus ibu untuk membesarkan dan membina Provinsi Banten semenjak kelahirannya.

Tidaklah berlebihan menyebutkan bahwa nama atau predikat ‘Ratu’ sudah ditakdirkan untuk ia sandang. Kecocokan antara nama dengan predikat, bertautan pula dengan penampilannya yang cantik, anggun dan ramah. Keratuan perempuan yang bersuamikan Drs H Hikmat Tomet ini, selalu terlihat di mana pun ia berada. Ia selalu tidak lupa melemparkan senyum manisnya kepada setiap orang yang ditemuinya, kapan pun dan di mana pun.

Layaknya seorang ratu, perempuan dengan tinggi semampai ini selalu tampil segar. Itu berkat upayanya menjaga kesehatan dan kebugaran agar selalu tampil prima dan fresh dalam menjalankan tugas dan pelayanannya terhadap rakyat. Upaya ini meruapakan buah kesadaran dari perempuan 3 (tiga) anak ini akan kapasitasnya sebagai seorang pamong yang harus melayani rakyat dan berbagai kalangan, kapan pun ia dibutuhkan.

Memperhatikan perempuan berpenampilan bak artis modeling seperti Ratu Atut Chosiyah, jurus akan muncul pertanyaan, bagaimana ia memimpin ribuan staf yang bekerja di Gubernuran Banten? Namun sejurus kemudian, pertanyaan itu akan segera terjawab sendiri, bahwa aktivis pelestarian seni bela diri khas Banten ini, tidak berbeda dengan pemimpin sekelasnya. Ia harus menerapkan disiplin kerja, mendorong terbangunnya dedikasi dan loyalitas yang tinggi, serta memacu integritas setiap karyawan yang bekerja di Pemerintahan Provinsi Banten.

Walaupun berwajah cantik dan manis, wanita yang gemar berolahraga ini, tetap tidak dapat menyembunyikan citra kepamongannya yang berdedikasi dan berkarakter ‘keras’. Di balik kulit wajahnya yang putih dan lembut, perempuan yang gemar berorganisasi ini, tetap saja menyembulkan imej dan keberadaanya sebagai figur pemimpin yang berwibawa.

Kata-kata yang meluncur dari bibirnya juga menunjukkan keberadaan perempuan kelahiran Ciomas Serang, Banten ini, sebagai ‘ratu’ yang harus berbicara apa adanya, polos, dan tidak dibuat-buat. Pola berbicara itu mengindikasikan bahwa perempuan berlatar belakang pengusaha itu, selalu mengedepankan sikap yang jujur dan tidak pandai ‘mengolah’ kata-kata, untuk mencari alasan atau pembenaran untuk sesuatu hal atau suatu kejadian tertentu.

Namun jangan lupa, dengan tatapan matanya yang tajam pada setiap orang yang menjadi lawan bicaranya, menunjukkan kewaspadaan yang tinggi dari perempuan politisi Partai Golkar ini. Ia akan menyimak dan merespon kata demi kata yang diungkapkan lawan bicaranya dengan lembut, namun kelembutan itu tidak akan dengan mudah mengubah prisip-prinsip yang terbangun dalam pemikirannya.

Perempuan Perkasa dari Banten
Sejarah telah mencatat dan terus mencatat kiprah Ratu Atut Chosiyah dalam memperjuangkan kepemimpinan perempuan dalam politik kekuasaan, tidak sekadar menyejajarkan kaumnya dengan kaum pria. Perempuan yang menempuh pendidikan menengah atasnya di SMA 12 Bandung ini, mampu menginspirasi dan terus menginspirasi kaum perempuan Indonesia di seluruh penjuru tanah air untuk berjuang mengembangkan diri dan tampil menjadi sosok perempuan yang berprestasi untuk membangun keluarga Indonesia, masyarakat, bangsa, dan negara tercinta.

Keberadaan Ratu Atut Chosiyah, baik sebagai Gubernur (Plt) Provinsi Banten, sebagai seorang ibu, dan sebagai perempuan Indonesia, banyak memberi pelajaran berharga, khususnya bagi kaum perempuan Indonesia. Sudah barang tentu tidak datang begitu saja dari langit, tetapi hasil dari sebuah perjuangan keras, dengan keringat, bahkan air mata.

Satu hal yang terpenting dan menjadi pelajaran berharga dari perjalanan hidup perempuan lulusan Akuntansi Perbankan ini adalah bahwa kaum perempuan di negeri ini masih harus terhalang dengan kodratnya jika ingin meraih jabatan publik strategis, seperti kepala daerah. Itu dialami sendiri oleh perempuan lulusan Akademi Akuntansi Perbankan ini, saat mengajukan pencalonan dirinya menjadi calon wakil gubernur (Cawagub) Banten tahun 2001 lalu untuk mendapingi H. Djoko Munandar sebagai calon gubernur (Cagub).

Pencalonan dirinya langsung diwarnai dengan pro kontra, saat beberapa ulama menolak kepemimpinan perempuan di provinsi yang saat itu baru saja dimekarkan. Alasan penolakan itu didasarkan pada kapasitas perempuan yang tidak boleh menjadi imam, sehingga tidak boleh menjadi kepala daerah atau wakil kepala daerah

Tidak terukur betapa pedihnya hati Anggota Badan Koordinasi Pembentukan Provinsi Banten ini mendapat penolakan sebagian kecil masyarakat Banten saat itu. Ia sampai menitikkan air mata di tengah-tengah perenungan atas kodradnya. Ia terus bertanya dalam hati, apakah karena kodratnya sebagai seorang perempuan, harus menjadi alasan untuk tidak boleh menjadi memimpin? Sesaat, penolakan ini sempat membuat nyalinya ciut beberpa saat.

“Tetapi, tidak semua ulama atau pemimpin pesantren berpandangan demikian. Ada pemimpin pesantren yang sangat tradisional, bahkan mesjidnya diharamkan menggunakan pengeras suara, justru tidak menyetujui pandangan yang menolak kepemimpinan perempuan. Pemimpin pesantren ini juga mengutip salah satu ayat Al-Quran, yang menyatakan bahwa Islam tidak menolak kepemimpinan perempuan,” tutur angggota Angkatan Muda Siliwangi Propinsi Banten ini.

Pandangan ulama yang terakhir ini, bak oase di tengah gurun bagi Ratu Atut Chosiyah. Tulang-tulangnya yang sempat lemas mendengar penolakan kepemimpinan perempuan, segera kokoh kembali. Nyalinya yang sempat ciut, segera berubah menjadi keberanian luar biasa untuk membuktikan dirinya berada di jalan yang benar.

Ternyata, waktu berpihak padanya. Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadinda) Provinsi Banten ini berhasil menjadi Wakil Gubernur Provinsi Banten pertama di bawah kepemimpinan Gubernur H. Djoko Munandar, melalui sebuah proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berlangsung demokratis.

Disamping itu, dengan tutur sapanya yang lembut, namun tetap “perkasa” menyatakan kebenaran yang ada dalam hatinya, akhirnya mampu melembutkan hati orang-orang yang sebelumnya tidak setuju dengan kepemimpinan perempuan sebagai Wakil Gubernur Provinsi Banten. “Derajat seseorang, tidak ditentukan jenis kelamin laki-laki atau perempuan, tetapi amal ibadahnya.”

Perjuangan keras perempuan yang menghabiskan masa kanak-kanaknya di Ciomas Banten ini, sesungguhnya sudah dimulai sejak masa mudanya. Tentu, sebagian besar perempuan Indonesia berharap Ratu Atut Chosiyah terus berkiprah mempelopori perjuangan emansipasi perempuan di tanah air. Kelak, sejarah akan menyebutnya “Perempuan Perkasa dari Banten”.

Keperkasaan perempuan yang bersuamikan Drs. H. Hikmat Tomet ini, sebenarnya tidak hanya terlihat dari keberaniannya mencalonkan diri sebagai calon wakil Gubernur Banten tahun 2001 lalu. Mantan Anggota Gabungan Pengusaha Seluruh Indonesia (Gapensi) Kabupten Serang ini, juga terlihat perkasa dalam menggeluti profesi sebagai pengusaha maupun dalam organisasi yang digelutinya.

Pelajaran lainnya yang bisa dipetik dari mantan anggota Gabungan Pengusaha Seluruh Indonesia (Gapensi) Kabupten Serang ini adalah keberaniannya yang luar biasa. Dapat dibayangkan, perempuan yang menyelesaikan pendidikan dasarnya pada tahun 1974 ini, sebenarnya tidak memiliki banyak pengalaman dengan birokrasi saat itu, bahkan tak satu pun diantara anggota keluarganya yang menjadi pegawai negeri. Akan tetapi, dengan gagah perkasa, ia tetap maju sebagai calon Wakil Gubernur Banten.

Disamping itu, perempuan yang menyelesaikan sekolah menengah pertamanya pada tahun 1977 ini, pasti mengetahui bahwa tidak akan mudah memimpin Provinsi Banten yang baru saja dimekarkan dari Provinsi Jawa Barat saat itu. Akan tetapi, Dewan Penasehat Asosiasi Kontraktor Air Indonesia (AKAIDO) Provinsi Banten ini percaya, dengan pengalaman entrepreneurnya yang sudah puluhan tahun dan pengalaman berorganisasi yang ditekuninya selama ini, ia berharap akan tetap mampu menjalankan tugasnya sebagai Wakil Gubernur di Provinsi Banten.

Keperkasaan ‘Ratu’ yang menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Negeri Gumulung, sesungguhnya telah terlihat sejak masih menjadi pengusaha. Ia dikenal sebagai seorang entrepreneur yang ulet dan berpendirian teguh. Sebagai seorang kontraktor, kinerja perempuan yang hijrah ke Bandung untuk menyelesaikan pendidikan menengah dan atasnya pada tahun 1975 ini, melebihi kontraktor laki-laki. Jika ada tawaran pekerjaan, baik milik pemerintah maupun swasta, perempuan yang menyelesaikan pendidikan menengahnya dari SMP Negeri 11 Bandung pada tahun 1977 tersebut, selalu berusaha dengan kerasnya untuk mendapatkan pekerjaan itu.

Lalu, bagaimana pemimpin perempuan penerima penghargaan Anugerah Citra Kartini 2003 ini memulai tugas-tugas birokrasinya, diantara minimnya pengalaman di bidang birokrasi? “Saya betul-betul belajar hingga satu tahun untuk mengetahui seluk beluk birokrasi. Saya harus membaca buku-buku tentang organisasi pemerintahan dan birokrasi.

Alhamdulillah, saya akhirnya benar-benar mengerti apa itu birokrasi dan apa yang harus saya lakukan dengan posisi saya,” tegas Ketua Badan Narkotika Provinsi (BNP) Banten ini.
Oleh karena itu, perempuan yang akrab dipanggil “Ibu Ratu” itu, tidak akan pernah menunjukkan mimik wajah yang kelelahan dalam melayani rakyatnya, walaupun sesungguhnya ia sangat kecapaian karena disibukkan pekerjaan. Kiranya sangat dapat dipahami bila waktu istirahat menjadi barang yang sangat ‘mewah’ bagi perempuan berputra dua, Andika Hazrumi dan Ananda Trianh Salichan serta berputri satu, Andiara Aprillia ini.

Maklum, kesibukannya menjadi sangat tinggi sejak ditinggal pergi oleh gubernur, yang sebelumnya mengomandoi pemerintahan Provinsi Banten. Kini, aktivis pelestarian seni budaya Banten ini harus mengerjakan sendiri menejemen pemerintahan Provinsi Banten di tengah-tengah penyelenggaraan pembangunan yang berdenyut semakin kencang.

Dari Pengusaha Menjadi Pamong
Seusai menyelesaikan pendidikan tingginya, Ratu Atut Chosiyah mendirikan sebuah perusahaan miliknya sendiri. Ia berharap dapat mengikuti jajak ayahnya sebagai seorang entrepreneur yang tergolong sukses di Provinsi Banten. Dengan tangan lembutnya, Ratu Atut Chosiyah berhasil menakhodai perusahaannya, hingga menjadi sebuah perusahaan berkelas dan cukup dikenal di Provinsi Banten.
Keberhasilannya membangun perusahaannya dari titik nol, tidak terlepas dari tangan dinginnya dan tentu tidak terlepas dari kerja keras dan dedikasinya yang tinggi untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses.►e-ti/maruasas henry

*** TokohIndonesia DotCom (Ensiklopedi Tokoh Indonesia)

C © updated 20052006




► e-ti/
Nama:
Hj. Ratu Atut Chosiyah, SE
Jabatan:
Gubernur (Plt) Provinsi Banten
Lahir:
Ciomas Serang, 16 Mei 1962
Agama:
Islam
Suami:
Drs. H. Hikmat Tomet
Anak:
1. Andika Hazrumi
2. Andriana Aprilia
3. Ananda Trianh Salichan

Ayah:
Prof. Dr. (HC) H.Tb.Chasan Sochib
Ibu:
Hj. Waisah

Pendidikan:
- SD Negeri Gumulung Tahun 1974
- SLTP Negeri 11 Bandung Tahun 1977
- SMA Negeri 12 Bandung Tahun 1981
- Akuntansi Perbankan Tahun 1984

Organisasi:
a. Angkatan Muda Sliwangi Propinsi Banten
b. Wakil Bendahara Pengurus Persatuan Ahli Administrasi Indonesia Propinsi Banten
c. Anggota Badan Koordinasi Pembentukan Provinsi Banten
d. Ketua Kadinda Profinsi Banten
e. Ketua Asosiasi Distributor Indonesia (ARDIN) Provinsi Banten
f. Anggota Gabungan Pengusah Seoluruh Indonesia (Gapensi) Kabuapten Serang
g. Anggota Kamasyasya Bandung
h. Dewan Penasehat Asosiasi Kontraktor Air Indonesia (AKAIDO) Provinsi Banten
i. Bendahara Persatuan Pendekar dan Seni Budaya Banten Profinsi Jawa Barat (Bendahara)
j. Ketua Asosiasi Aspal Beton Indonesia (AAB) Profinsi Jawa Barat
k. Dewan Penasehat Tabloit Bisni Indonesia
l. Anggota Banten Bisinis center Provinsi Banten
m. Ketua Korda Bendahara Persatuan Pendekar dan Seni Budaya Banten Profinsi Jawa Barat
n. Wakil Bendahara DPP Partai Golkar itu, tidak dengan mudah
o. Bendahara Pengurus Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar

Penghargaan:
a. Anugerah Citra Perempuan Indonesia di Bandung
b. Anugerah Sosial dan Wirausaha dari Yayasan Pesona Indonesia tahun 2001
c. Anugerah Citra Kartini tahun 2003 di Jakarta

Jabatan Lain:
a. Ketua Palang Merah Indonesia (PMI Provinsi Banten
b. Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Banten
c. Ketua Satuan Koordinator Pelaksana (SATKORLAK) Bencana Alam Provinsi Banten
d. Ketua Persatuan Wanita Olah Raga Seluruh Indonesia (PERWOSI)
e. Ketua Badan Narkotika Provinsi (BNP) Provinsi Banten

Alamat Kantor:
Jl. KH Brigjen Syam’un No.5 Serang

Alamat Rumah:
Jl. Bhayangkara RT 01 RW 09 Cipocok Jaya

0 comments:

Followers