Kamis, 20 Januari 2011

Melatih Intuisi

MELATIH INTUISI

Intuisi merupakan pengetahuan yang bergerak antara rasional dan literal (sesuatu yang tidak bisa dibayangkan) . Yang dalam hidup sehari - hari dikenal sebagai firasat, kilasan batin, mimpi, suatu pengetahuan yang tidak dapat disangkal.

Kita tidak selalu mudah percaya pada intuisi. Terutama dalam budaya yang memuja segala sesuatu bisa diukur dan dibuktikan. Kita tidak pernah dilatih untuk menghargai betapa intuisi bisa menguatkan hidup kita. Dan adanya intuisi telah terbukti secara ilmiah.

Mendengarkan intuisi dapat membantu Anda untuk menyelesaikan dilema ditempat kerja, menguatkan hubungan dan menyelamatkan diri dari situasi buruk, atau membantu memilih pasangan yang tepat.
Intuisi dapat juga bermanfaat dalam segala bidang kehidupan Anda seperti berikut ini :
• Pekerjaan. Sebagai contoh, tempat kerja Anda mengalami perubahan manajemen dan Anda tidak tahu bagaimana masa depan pekerjaan Anda. Anda bisa bertanya pada diri sendiri, apa yang bisa dilakukan untuk mengamankan pekerjaan Anda. Mungkin akan muncul bayangan kerja lebih keras atau bicara dengan bos. Bisa juga muncul bayangan lain misalnya bos baru menyambut kedatangan Anda atau akan ditunjukkan seluruh skenario. Jangan memaksa diri. Intuisi mengalir di saat kita bersikap reseptif. Anda mungkin perlu meditasi beberapa kali selama beberapa hari sebelum jawabannya muncul.
• Persahabatan. Mungkin Anda pernah bertemu seseorang dan langsung merasa akrab. Ini terjadi bukan karena apa yang dia katakan atau lakukan. Anda hanya merasa senang saja berada di dekatnya. Sebaliknya, Anda mungkin punya teman yang sepertinya menyedot energi Anda. Berbicara dengannya membuat Anda sakit kepala atau perasaan Anda benar-benar kosong. Ini merupakan contoh tubuh Anda memberitahu Anda mana persahabatan yang membangun dan mana yang merusak.
• Percintaan. 'Membaca' calon suami/ istri merupakan ketrampilan yang bisa dipelajari. Tapi, terkadang rasa takut atau harapan kita tentang berbagai kemungkinan juga bisa mempengaruhi intuisi asli. Misalnya Anda bertemu sesorang dan Anda tertarik dengannya, tapi ada beberapa keraguan yang muncul di dalam pikiran Anda. Dalam hal ini gunakan intuisi, bayangkan dia berdiri di depan Anda dan ajukan pertanyaaan sederhana seperti "Apakah pria/ wanita ini jodoh saya ?". Anda akan menemukan intuisi Anda langsung bekerja. Jawaban yang Anda temukan itu bukan rasa takut tapi itu adalah intuisi Anda.
• Keluarga. Sering anggota keluarga merupakan hal yang paling sulit dibaca. Anda mempunyai keterlibatan emosional yang sangat tinggi untuk memandang mereka sebagai orang yang tak ada hubungannya dengan Anda. Itu sebabnya untuk urusan keluarga biasanya seseorang merefleksikannya pada mimpi. Tanpa Anda sadari, lewat mimpi akan menemukan jalan keluar bagi permasalahan yang Anda hadapi terhadap keluarga. Mimpi dapat mem-bypass rasa frustrasi atau rasa marah yang bisa menutupi intuisi Anda. Mimpi tidak selalu mudah dimengerti. Karena itulah tulis mimpi Anda. Coba gabung-gabungkan untuk mendapatkan artinya. Semakin sering latihan menggunakan intuisi akan semakin mudah Anda memahaminya.



Cara Membangkitkan Intuisi
• Meditasi. Meditasi yang menenangkan pikiran akan melatih Anda berhubungan dengan intuisi Anda. Pertama-tama, temukan posisi yang nyaman. Pejamkan mata dan hanya fokus pada pernapasan Anda. Jika muncul pemikiran dan itu pasti terjadi, usahakan untuk tidak memikirkannya. Sesudah pikiran tenang, kenali setiap bayangan intuitif, sensasi, atau pengetahuan yang muncul.
• Gunakan visualisasi aktif. Teknik ini bisa membantu Anda belajar "membaca" orang dan situasinya. Pejamkan mata Anda, tenangkan pikiran dan tanya pada diri sendiri masalah yang sedang Anda hadapi.
• Dengarkan tubuh Anda. Saat menghadapi sebuah pilihan, amati sinyal tubuh Anda : apakah Anda merasa perut Anda seperti melilit ? Apakah jantung Anda berdetak cepat atau jadi sakit ? Apakah kerongkongan seperti tersumbat ? Atau merasa damai, hangat, dan berseriseri? . Perhatikan pesan–pesan yang disampaikan tubuh Anda dan ambil tindakan berdasarkan apa yang disampaikan pesan-pesan itu kepada Anda.
• Ingat mimpi Anda. Trik untuk mengingat mimpi adalah menjadikannya sebagai permainan. Siapkan buku tulis khusus di ranjang Anda sebelum berangkat tidur, ajukan pertanyaan spesifik mengenai masalah yang sedang Anda hadapi. Pagi berikutnya segera catat mimpi Anda. Jika Anda mendapatkan jawabannya segera terapkan. Jika tidak, coba lagi setiap malam selama seminggu. Dengan latihan, proses ini akan mengasah intuisi yang tidak mengandalkan perasaan tetapi berdasarkan pengetahuan yang mendadak muncul dan kuat.
• "Ya" atau "Tidak" ?. Untuk memulainya diantaranya gunakan cara, pertama tanya diri Anda sebuah pertanyaan yang sederhana, yang jawabannya cukup dengan kata ya atau tidak, seperti "Ada demo atau nggak hari ini" Lalu, duduklah dengan santai. Untuk membantu memusatkan diri, sadarilah bagaimana rasanya tubuh Anda dalam posisi itu dan apa yang sedang Anda pikirkan. Setelah itu, bayangkan bahwa Anda sedang memegang sebuah apel dengan tangan kanan. Perhatikan besarnya, beratnya, dan warnanya. Lalu, pindahkan apel itu ke tangan yang lain, pikirkan ukurannya, beratnya, dan warnanya. Tanya diri sendiri, apel mana yang lebih besar. Bila apel kedua lebih besar ketimbang yang pertama, jawaban untuk pertanyaan Anda adalah ya. Jika lebih kecil, jawabannya adalah tidak. Catat pengalaman Anda itu dan ceklah jawabannya. Cek pula jawaban itu pada hari berikutnya, untuk melihat apakah Anda benar. Ketika Anda mempelajari hal ini, beberapa dari jawaban Anda mungkin salah dan tidak akurat. Tapi, semakin sering Anda berlatih, akan semakin akurat jawaban ya atau tidak Anda. Intinya, pada saat Anda duduk rileks dan berpikir, konsentrasi Anda terfokus pada pemikiran untuk menjawab pertanyaan itu. Pada saat itulah komputer di otak Anda memutar informasi dan mengolah data yang ada.

0 comments: