Kamis, 20 Januari 2011

Tips 'Naik Gaji' dan 'Naik Jabatan'

Siapa yang nggak mau naik jabatan ? naik Gaji ? Orang gila aja yang nggak mau. Kerja jadi Pegawai / karyawan , target utama nya juga memperoleh promosi kenaikkan pangkat dan otomatis kenaikkan Gaji bulanan.

Gimana caranya , Tips apa yang bisa memacu kita untuk meraih hal itu ? Berikut ini saya berikan beberapa kiat - kiat mudah kepada anda semua. Coba praktekkan selama 3 bulan di awal , lihat perbedaanya : :) Pasti banyak rekan bisnis anda kepincut dengan cara kerja anda.

1. Percaya Diri
Bekerja harus percaya diri , rasa percaya diri akan kuat jika anda barengi dengan niat tulus dari hati dan doa yang sungguh - sungguh. Apapun pekerjaan anda , ada pekerja kantor yg rutinitas sehari - hari nya itu - itu saja , atapun pekerja dinamis seperti Sales, marketing staff yang memiliki client / suasana kerja berubah - ubah tiap hari. Camkan dalam diri anda ' Saya yakin Bisa !!

2. Be Different , be special
Berani tampil beda dan anggaplah orang yg ber - interaksi dengan anda semua special. Tampil beda disini bukan dalam hal penampilan saja, tetapi juga etos kerja anda : disiplin, tepat waktu, energik, supportif. Jadikan anda sebagai sesuatu medan magnet dimana orang lain merasa nyaman dengan anda. Dengan menganggap orang lain special, berarti memupuk jiwa anda sebagai orang yang baik, bijaksana dan penuh kharisma. Pelajari apa yang bisa anda jual dari diri anda , apa yang bisa membuat rekan kerja anda enjoy , boss anda senang ? Banyak sekali tentunya. Contoh : kalau pintar baca doa , jadilah imam di kantor, pintar organisasi , jadilah kepala pengurus acara / koperasi , pintar nyanyi, olahraga dll , tonjolkan faxtor x anda ini kepada semua orang.

3. Step Forward
Menjadi yang terdepan dimata atasan itu mudah sekali , kuncinya hanya 1. Anda memiliki sikap penolong , supportif dan solution maker. Contohnya : Anda tahu benar pekerjaan bawahan anda , anda bisa mengerjakan pekerjaan atasan anda dengan baik. Artinya , jika bawahan anda mengalami sakit / tidak masuk kerja , anda tenang dan bisa meng - handle. Begitu pula jika atasan anda berhalangan hadir, anda bukan nya jadi tumbal / sapi perah , tapi gunakan waktu / moment ini sebagai tantangan anda. Kerjakan pekerjaan itu dengan baik, nah ...someday , kalau jabatan diatas anda kosong , otomatis anda akan menjadi 1st priority / prioritas utama menduduki posisi tersebut. Boss anda pasti melihat anda dan percaya anda siap untuk di angkat.

4. Positif Thinking, Open Minded and Fair Play
Di sekitar lingkungan kerja anda pasti ada medan magnet positif dan negatif , mak dari itu perbanyak saja pikiran positif di diri anda. Percuma ngomongin hal negatif , dan hati hati ...biasanya banyak omong negatif malah bisa menjebak anda. Ingat , rekan kerja anda adalah seorang sahabat baik sekaligus Kompetitor anda dalam memperebutkan posisi jabatan tersebut, hati - hati kalau bicara dan selalu positive thinking, open minded dan bekerjalah dengan fair play.

5. Siap Kalah
Siapkan sejak dini , zaman sekarang banyak sikut sana sikut sini. Kalau anda nggak siap kalah , anda hanya bisa menggeruti, nge gosip dan malah pekerjaan anda jadi keteteran , semangat kerja hilang , gara - gara anda nggak siap kalah , nggak rela kalau rekan anda ternyata diangkat dan menang persaingan dengan anda.

6. Networking
Di dalam lingkungan kerja , anda harus bisa menjalin networking / hubungan erat antara bawahan anda , atasan anda dan orang yang memiliki pengaruh terhadap karir anda. Contohnya : Dekatlah dengan Boss anda , pelajari hobby nya , kesukaan nya ..sekali waktu anda boleh bawain oleh - oleh dari kampung atau dll , biasa untuk mengambil simpati :) , atau juga anda dekati Kepala Personalia nya / Human Resources nya , Kepala Security dan lain lain. Semakin banyak networking , anda semakin dikenal dan Populer.

7. Ide da Gagasan
Perusahaan anda pasti butuh dan memerlukan orang - orang yang memiliki ide atau gagasan bisnis. Jangan malu - malu untuk mengisi kota saran / masukan , siapa tahu ide anda masuk ke pimpinan atas dan dipertimbangkan. Hal besar biasanya di awali dengan ide / gagasan yang simple , jadi anda gunakan celah ini untuk mendongkrak karir secara cepat.

8. Dare to Ask
Kalau anda punya back up , kenapa tidak sekali waktu anda bertanya ke atasan. Boss , kapan saya diangkat ? kapan gaji saya naik ya ? ....memang kelihatan nggak wajar , tapi ini perlu , soalnya anda memiliki booster di dalam diri anda , gunakan itu. Anda hanya bisa menggunakan no.8 ini jika anda memiliki back up / value yang orang lain bisa menghargai lebih. Contohnya demikian : Anda ditawarin kerja di tempat lain dengan gaji lebih besar dan Posisi jabatan naik , nah disaat ini lah anda bisa bargain , anda bisa gunakan No.8 ini ke Perusahaan anda. Siapa tahu perusahaan anda tersebut langsung memberikan tanggapan / menyetujui keinginan anda.

9. Secret Weapon
Senjata rahasia ini tidak perlu anda keluarkan , senjata ini untuk membuat anda nyaman bekerja dan bisa introspeksi diri dengan baik. Apa senjata rahasia itu ? yaitu adalah skill anda untuk bisa memiliki usaha / sumber penghasilan lain diluar gaji. Entah itu investasi bisnis , bisnis usaha diluar, usah bersama teman dll. Jangan jadikan Gaji sebagai satu - satunya sumber income.

Tidak 'naik jabatan' ? tidak 'naik gaji' , anda tidak kecewa besar. Anda justru merasa bangga kepada diri anda jika anda sukses memiliki sumber income yang penghasilannya menyamai / melebihi gaji anda. Anda lebih bijaksana, tenang dan pandai memanfaatkan waktu, fasilitas dan energi.

Jika no.9 ini sudah anda lakukan , maka anda akan memiliki sikap dan cara pandang seorang entrepreneurship. Sikap euntrepreneurship sudah dimiliki oleh Boss / atasan anda saat ini. Siapa tahu boss / atasan anda juga memilikinya.

Demikian ulasan tips ini , semoga bermanfaat buat sahabat semua. Selamat dan Sukses untuk anda,

0 comments: