Rabu, 23 Maret 2011

Ribuan Demonstran Bentuk Perisai Manusia di Sekitar Masjid Omari Suriah


Sumber dari organisasi Hak Asasi Manusia melaporkan pada Selasa kemarin (22/3) bahwa ribuan demonstran membentuk perisai manusia di sekitar Masjid Omari di kota Daraa, sekitar 100 km sebelah selatan Damaskus Suriah, untuk mencegah pasukan keamanan mendekati wilayah itu.

Laporan menjelaskan bahwa tentara dan pasukan keamanan membubarkan aksi protes mereka di sekitar masjid Omari, namun para demonstran kembali ke masjid tersebut.

Sumber itu menunjukkan bahwa jumlah demonstran yang meneriakkan slogan-slogan menentang rezim Suriah ada sekitar seribu orang, tetapi jumlah demonstran terus meningkat setelah itu.

Seorang saksi mengatakan bahwa imam masjid telah mengimbau kepada masyarakat untuk bersatu dan melakukan aksi unjuk rasa di sekitar masjid dalam rangka untuk mencegah akses masuk pasukan keamanan, menurut laporan Al Jazeera.

Pada bagian lain, Syaikh Bassam al-Masri masjid imam dan pengkhutbah dari masjid Hamzah kemarin malam ditangkap oleh aparat keamanan dengan latar belakang dari aksi demonstrasi yang dimulai dari kota Daraa.

Suriah, yang masih di bawah hukum darurat tahun 1963 melarang aksi demonstrasi, telah menyaksikan serangkaian aksi protes kecil yang belum pernah terjadi sebelumnya menuntut diakhirinya rezim Assad yang telah lama berkuasa.

Daraa, sebuah kota yang merupakan rumah bagi keluarga dari suku-suku besar, telah menjadi titik fokus dari aksi unjuk rasa demonstran, yang terbaru dalam serangkaian pemberontakan terhadap rezim otokratis yang terjadi di dunia Arab.

Enam orang telah tewas dalam operasi keamanan melawan demonstrasi di Daraa, termasuk anak 11 tahun yang meninggal pada hari Senin lalu setelah menghirup gas air mata sehari sebelumnya.

Pihak berwenang Suriah pada Selasa kemarin (22/3) juga menahan seorang penulis Louai Hussein, satu hari setelah ia memposting petisi online menuntut hak untuk kebebasan berekspresi, sebuah kelompok hak asasi yang berbasis di London melaporkan. (fq/imo/afp)



sumber : http://www.eramuslim.com/berita/dunia/ribuan-demonstran-bentuk-perisai-manusia-di-sekitar-masjid-omari-suriah.htm

0 comments: