Senin, 28 Februari 2011

Pengalaman Fadly 'Padi' Melawan Korupsi


"Walaupun itu hanya menyangkut Rp5 ribu, berarti harga diri saya cuma Rp5 ribu."
VIVAnews - Fadly, vokalis grup band Padi, rupanya pernah punya pengalaman terkait dengan perilaku korupsi di birokrasi. Dia menceritakan, lima tahun lalu pernah ditawari jalan pintas dalam membuat paspor.

Pengalamannya ini diceritakan usai mengisi acara Konser Musik Antikorupsi SPEAKFest di Panggung KPJ, Bulungan, Jakarta Selatan, Sabtu 11 Desember 2010. "Waktu itu saya ditawari, mau cepat harganya segini. Nah, kalau jalur normal ya seminggu," ujar Fadly menirukan petugas imigrasi yang menawarinya.

Walau sangat membutuhkan, Fadly tidak menggubris tawaran petugas dan memilih sesuai prosedur. Memang, kata Fadly, uang yang harus dibayarkan jika menempuh jalur cepat nilainya tidak besar. Waktu pembuatan paspornya pun tidak lama, hanya sekitar dua jam.

"Tapi akhirnya saya pilih jalur normal, yang penting saya tidak kasih duit ke dia. Uangnya memang tidak banyak tapi ini menyangkut harga diri," ucapnya.

Berdasarkan pengalamannya ini, dia ingin menyampaikan, bahwa perilaku korupsi dapat menghinggapi siapa saja. Karena itu, pesan sederhananya adalah, "Walaupun itu hanya menyangkut Rp5 ribu untuk menyogok orang, berarti harga diri saya cuma Rp5 ribu," ucapnya.

Dan bagi Fadly, tindakan yang masuk kategori pidana korupsi itu harus diberantas. "Dan itu dimulai dari diri kita sendiri," katanya.

Sumber : http://showbiz.vivanews.com/news/read/193274-pengalaman-fadly--padi--melawan-korupsi

0 comments: