Kamis, 24 Februari 2011

Anti Khadafi, Pilot Hancurkan Jet Tempur


Salah satu pilot itu kabarnya berasal dari kampung yang sama dengan Muammar Khadafi.
VIVAnews - Daripada dipakai membunuh rakyat, lebih baik pesawat ini dihancurkan saja. Tampaknya, itulah logika dua pilot pesawat tempur Libya.
Mereka memilih menghancurkan pesawat yang mereka awaki setelah mendapat perintah menembaki kota yang telah dikuasai massa anti rezim Muammar Khadafi.

Menurut harian USA Today - dengan mengutip surat kabar Libya, Quryna - aksi dua pilot itu berlangsung pada Rabu, 23 Februari 2011. Kedua pilot adalah Kapten Attia Abdel Salem al Abdali sebagai awak utama dan Ali Omar Khadafi sebagai asisten.

Mereka berdua mendapat perintah dari atasan untuk menyerang Benghazi, kota kedua terbesar Libya yang telah dikuasai massa anti Khadafi. Dari pangkalan di Tripoli, mereka menerbangkan sebuah pesawat tempur Sukhoi 22 buatan Rusia.

Namun, di tengah penerbangan, kedua pilot itu membangkang. Keduanya kompak meninggalkan pesawat dengan kursi pelontar, yang dilengkapi dengan parasut.

Abdali dan Khadafi mendarat dengan selamat. Namun, tanpa ada lagi yang mengendali, pesawat tempur itu tak lama kemudian meluncur tajam ke bumi hingga jatuh di suatu gurun pasir di dekat Kota Ajdabiya, yang berjarak sekitar 150 km dari Benghazi.

Salah satu pilot itu kabarnya berasal dari kampung yang sama dengan Muammar Khadafi, demikian menurut seorang warga Ajdabiya bernama Faraq al-Maghrabi. Namun, pilot itu rupanya tidak setuju dengan perintah dari saudara sekampung untuk menyerang sesama orang Libya.

Bukan kali ini saja pilot-pilot Libya membangkang. Menurut kantor berita Associated Press, pada Senin 21 Februari 2011, dua pesawat tempur asal Libya mendarat darurat di Malta.

Pilot kedua jet tempur Mirage buatan Prancis itu rupanya ingin membelot ke Malta dan minta suaka politik. Mereka tidak mau diperintah rezim Khadafi untuk menembaki rakyat sendiri. (umi)
http://dunia.vivanews.com/news/read/206244-anti-khadafi-pilot-libya-hancurkan-jet-tempur

0 comments: