Cara menghilangkan stress :
1. Jangan selalu tergantung pada orang lain.
2. Jangan berburuk sangka bahwa orang lain akan menghina atau
membicarakan anda.
3. Jangan selalu mengingat kesalahan masa lalu, perasaan bersalah
dan penyesalan yang dalam dapat mempersulit, karena menguras
segenap pikiran dan tenaga.
4. Jangan menyimpan kemarahan dan frustrasi, utarakan dan bicarakan
dengan orang lain yang bertanggung jawab atas terjadinya hal
tersebut.
5. Luangkanlah waktu setiap hari, mulailah kegiatan baru.
6. Jangan menjadi pengendara yang agresif. Mengalah pada
"setan jalan". Jalankan kendaraan dengan sikap mengalah.
7. Jangan menyimpan rasa dengki dan cemburu, rasa dengki memakan
energi.
8. Jangan membiasakan sikap terburu-buru. Tidakan tersebut menjurus
pada Kesalahan-Penyesalan-Stress.
Resep awet muda :
1. Hadapi segala maslah dengan santai dan tenang, tanpa melupakan
masalah anda sendiri.
2. Bersedih hati janganlah terlalu berkepanjangan. Carilah bahan
pelipur dan berusahalah menyibukan diri.
3. Jauhkanlah amarah, karena kemarahan memakan energi yang
berpengaruh buruk terhadap kesehatan fisik anda.
4. Bila sesuatu dapat diselesaikan dengan ketenangan, mengapa harus
dibarengi dengan ketegangan.
5. Kedengkian dan iri hati berpengaruh buruk terhadap peredaran
darah dan jantung anda.
6. Hadapi orang marah dengan tenang dan jangan masukan kedalam hati.
7. Jangan memperdulikan hal-hal yang dilakukan orang lain, apalagi
memvonisnya.
8. Dunia ini berputar, bila anda sedang berada dibawah, jangan putus
asa. Ada saatnya anda pasti akan naik keatas. Tetapi bila sudah
berada diatas, ingatlah bahwa anda dapat jatuh.
9. Terimalah penderitaan dengan pasrah dan takwa kepada Tuhan,
karena penderitaan selalu membawa hikmah suatu kebahagiaan.
10. Fisik anda harus anda jaga dengan olah raga.
11. Jangan lekas merasa tua, karena dibanding dengan esok anda masih
muda sekarang.
10 Pedoman komunikasi menurut H. Norman Wright :
1. Jadilah pendengar yang setia, dan jangan berucap sebelum orang
lain usai berbicara.
2. Janganlah berbicara tergesa-gesa. Berpikir dulu sebelum
melontarkan kata-kata. Ucapkan kata-kata yang mudah dipahami.
3. Ungkapkanlah hal-hal yang benar saja.
4. Jangan diam, ini justru membuat orang lain frustrasi. Jelaskan
mengapa kata-kata anda tersendat-sendat.
5. Jangan mau terlibat dalam adu mulut, anda boleh tidak setuju,
tetapi gunakanlah nada tidak berselisih.
6. Redakan amarah, jangan lontarkan kata-kata amarah.
7. Jika anda bersalah, akuilah dan minta maaf. Jika orang lain
mengakui kesalahannya, maafkanlah dia dan ampuni serta lupakan.
8. Jangan bersikap cengeng.
9. Jangan mempersalahkan atau mengeritik orang lain. Sebagai
gantinya pulihkan, beri semangat dan bangkitkan gairah hidupnya.
Jika orang lain menyerang, mengeritik atau mempersalahkan anda,
jangan balas dengan sikap yang serupa.
10. Cobalah memahami pendapat orang lain.
Jika kita bisa menyuruh diri kita sendiri mempelajari yang tidak
diketahui setiap hari, dan selalu mengulang apa yang telah kita
ketahui, sehingga kita tidak akan lupa pada apa yang telah kita
ketahui dari bulan kebulan, maka kita dapat menganggap bahwa "Aku
Cinta Belajar".
Manajer mengelola, pemimpin melakukan inovasi.
Manajer memelihara, pemimpin mengembangkan.
Manajer mengandalkan sistem, pemimpin mengandalkan orang.
Manajer mengandalkan kendali, pemimpin mengandalkan kepercayaan.
Manajer mengerjakan segalanya dengan benar, pemimpin mengerjakan
segalanya yang benar.
0 comments:
Posting Komentar