Selasa, 18 Januari 2011

Indonesia Peringkat Tiga Negara Rawan Banjir


Indonesia menempati urutan ketiga di dunia sebagai negara yang paling rawan dan paling sering dilanda bencana banjir, setelah India dan China. Hal tersebut dikemukakan peneliti Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) UGM, Muh. Aris Marfai yang dirilis UGM dalam situsnya hari ini.

Menurut Marfai, banjir di India dan China disebabkan meluapnya air dari sungai dan laut, sedangkan di Indonesia lebih banyak disebabkan oleh air sungai. Kendati demikian, ia memprediksikan banjir dari meluapnya air laut akan melanda Indonesia di masa mendatang seiring dengan adanya perubahan iklim global. Banjir laut sekarang sudah mulai melanda Semarang dan Jakarta, ujarnya.

Staf pengajar Fakultas Geografi UGM ini menambahkan sering munculnya bencana banjir di Indonesia disebabkan beberapa faktor, antara lain, kondisi curah hujan tinggi dan sebagian tanah tidak lagi mampu menyerap air dengan baik serta perubahan penggunaan tanah. Untuk mengurangi risiko bencana, banyak hal yang dapat dilakukan, yakni dengan persiapan mitigasi bencana, pengelolaan organisasi, dan menjaga daerah hulu sebagai kawasan resapan air.

Sumber : http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=168682:indonesia-negara-rawan-banjir&catid=77:fokusutama&Itemid=131

Cek TKPnya : http://menujuhijau.blogspot.com/2011/01/indonesia-peringkat-tiga-negara-rawan.html#ixzz1BRCuwJ4Z

0 comments: