Minggu, 26 Desember 2010

thorny-devil-kadal-berduri-yang-unik



Salah satu jenis kadal yang paling aneh, unik & keren adalah thorny devil atau mountain devil lizard. Nama latinnya Moloch horridus. Kalo dilihat dari namanya, orang pasti mikir kalo Thorny Devil ini sejenis monster yang gede. Padahal thorny devil ini cuma kadal berukuran sedang yang panjangnya kira kira cuma 8-15 cm.
Habitat
Thorny devil bisa ditemukan di daerah daerah yang gersang di Australia, biasanya di tanah yang berdebu tapi mereka jarang ditemukan di tanah berbatu.
Makan & Minum
Makanan utama thorny devil adalah semut. Dalam satu menit, kadal ini akan makan 25 hingga 45 ekor semut. Tapi kadang kadang, obyek kecil seperti kerikil kecil, potongan kayu, bunga kecil dan telur serangga kecil juga dimakan. Tapi mungkin tidak secara sengaja. Sekali makan, thorny devil bisa menghabiskan sekitar 1000 hingga 2500 ekor semut. Thorny devils memiliki sistem higroskopik dari alur di kulit mereka yang mengarah pada sudut mulut mereka. Thorny Devil mengambil air dengan cara kapiler melalui alur ini. Thorny devils menggunakan mekanisme meneguk untuk memindahkan air di sepanjang alur dan ke dalam mulut mereka. Thorny devils benar benar bisa minum air dari embun yang jatuh di punggung mereka dan dapat memperoleh air bergram gram dalam badai hujan
Kepala Palsu
Thorny devils memiliki tonjolan berduri di bagian belakang lehernya yang terlihat seperti kepala palsu. Saat terancam, kadal ini menyelipkan kepala yang sebenarnya di antara kaki depan dan membuat kepala palsu ini berada dalam posisi kepala yang sebenarnya. Ini akan membuat predator kesulitan menelan kadal ini, bahkan ular sekalipun. Saat terancam, thorny devil juga akan menghisap udara dan membuat tubuhnya menggembung. Ini merupakan pertahanan anti predator yang lain.


Thorny Devil berjalan perlahan dengan gerakan tersendat sendat dan mereka sering berdiam di tempat lalu berjalan lagi, sering dengan kaki terangkat dari tanah. Kadal ini dapat berubah warna dengan cepat, saat aktif biasanya berwarna kuning pucat dan merah, tapi saat ada bahaya atau saat dingin warnanya kehijauan. Meskipun pandai berkamuflase dan tubuhnya berduri, bukan berarti kadal ini kebal terhadap predator. aborigin Australia dan bustards, baik predator visual, telah diamati untuk memangsa setan berduri. Varanus gouldi, Varanus tristis dan raptors adalah beberapa predator dari kadal ini.
Parasit
Thorny devil biasanya memiliki banyak parasit. Semua individu memiliki cacing nematode di dalam ususnya. Parasit ini mungkin memanfaatkan semut dan rayap sebagai inang sementara dan berbagai jenis kadal sebagai inang terakhir mereka. Selain itu, spesies baru cacing pita juga ditemukan di usus kecil kadal thorny devil.
Thermoregulasi
Thorny devil adalah hewan heliothermic, mengandalkan energi matahari untuk menaikkan suhu tubuhnya diatas suhu lingkungannya. Suhu tubuh thorny devil berubah menurut suhu udara. Suhu tubuh rata rata thorny devils adalah 33.3 derajat celcius.
Ukuran & Pertumbuhan
Thorny Devil betina yang dewasa lebih besar dan gemuk daripada yang jantan. Ukuran betina dewasa sekitar 9 hingga 11 cm dengan berat sekitar 35-88 gram sedangkan yang jantan panjangnya dibawah 9 cm dan beratnya tidak melebihi 50 gram. Tidak ada perbedaan ukuran yang mencolok pada thorny devil saat masih bayi. Kadal jantan dan betina tumbuh dengan perbandingan yang sama pada tahun pertama, tapi setelah itu, betina tumbuh lebih cepat dari jantan. Thorny devil terus tumbuh hingga paling tidak 5 tahun pertama.
Reproduksi
Thorny devil memiliki pola aktifitas musiman bimodal. Kadal ini bergerak sangat sedikit pada bulan2 terdingin di musim salju (Juni dan Juli) atau selama bulan2 terpanas di musim panas (Januari dan Februari). Thorny devil sangat aktif selama 3 bulan periode musim gugur (Maret, April dan Mei) dan selama jangka waktu 5 bulan periode aktifitas yang mencakup akhir musim dingin, musim semi dan awal musim panas (Agustus sampai Desember), pada masa ini kadal berduri akan kawin & bertelur. Saat musim panas kadal ini akan kembali ke lubang bawah tanah yang mereka gali sendiri.
Thorny devil berpindah pindah tempat selama musim panas & musim gugur,dengan pergerakan yang biasanya terbatas pada daerah berukuran 6 hingga 9 meter. Di area ini ada satu atau lebih jejak semut, tempat buang air besar dan beberapa semak dengan daun daun kering. Thorny Devil menghabiskan waktu di malam hari dan saat panas di tengah hari berada dalam semak dan bersembunyi dari incaran predator.
Thorny Devil bertelur dari pertengahan September hingga Desember akhir. Biasanya mereka bertelur setahun sekali dengan jumlah telur yang bervariasi, dari 8 hingga 10 dan masa inkubasinya 90 hingga 132 hari. Setelah menetas, bayi kadal ini akan memakan sisa kulit telurnya untuk menambah berat badan dan menyediakan kalsium yang menunjang pertumbuhan awal mereka.



Sumber : http://aditainmen.blogspot.com/2010/12/thorny-devil-kadal-berduri-yang-unik.html


Cek TKPnya : http://menujuhijau.blogspot.com/2010/12/thorny-devil-kadal-berduri-yang-unik.html#ixzz19DjXK6GS

0 comments: